Artikel Tentang Info Khasiat Vitamin Buah Lokal

Khasiat Vitamin Buah. Diberdayakan oleh Blogger.

Buah Nanas Sebagai Sistem Kekebalan Tubuh Alami

Buah Nanas Sebagai Sistem Kekebalan Tubuh Alami - Buah Nanas mempunyai nama latin Ananas comosus, merupakan tumbuhan tropis berasal dari Brazil, Bolivia dan Paraguay. Memiliki citarasa khas dan kandungan air yang banyak membuat buah ini terasa segar bila dimakan setelah matang, namun tidak sedikit pula diolah menjadi campuran jus demi mendapatkan rasa yang berbeda.

Buah Nanas Sebagai Sistem Kekebalan Tubuh Alami
Buah Nanas

Buah Nanas

Khasiat alami buah nanas sebagai bahan pengobatan tradisional telah sejak dulu dipercaya dan dipraktekan. Kandungan gizi dari buah ini sangat bermanfaat terhadap kesehatan tubuh, diantaranya vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, magnesium, mangan, zat besi, thiamin, natrium, kalium, gula buah (sukrosa), serta enzim bromelain.

Vitamin C dan A yang terkandung dalam buah ini bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memerangi radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan terjadinya penuaan dini. Mineral yang terkandung dalam buah nanas membantu mengembangkan tulang dan jaringan ikat menjadi kuat dan menjaga gigi dan gusi tetap kuat.

Buah Nanas Berdasarkan Kandungannya

Selain kaya akan vitamin dan mineral, Buah Nanas mengandung beberapa mikronutrien dan serat yang mampu menunda rasa lapar bagi orang yang sedang menjalani program diet. Buah nanas mengandung lemak dan sodium dalam jumlah yang kecil serta tidak memiliki kandungan kolesterol sama sekali. Jadi, buah ini sangat baik bagi Anda yang sedang merencanakan diet untuk mengurangi berat badan. 

Meskipun tidak mengandung lemak dan kolesterol, buah nanas mengandung jumlah gula yang cukup tinggi, yaitu 1,7 g (glukosa) dan 1,9 g (fruktosa) per 100 gram buah nanas segar, sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi penderita diabates.

Buah Nanas kaya akan vitamin dan mineral serta mikronutrien dan serat tanpa kolesterol yang berguna untuk menunda rasa lapar ditambah zat bromelin yang memudahkan tubuh mencerna dan menyerap nutrisi. Buah Nanas mengandung bromelin, sebuah zat yang mampu membantu memecah makanan sehingga dapat mengurangi kembung dalam perut. 

Selain itu bromelain juga efetif untuk mengurangi peradangan setelah operasi, mengobati pembengkakan hidung saat mengalami infeksi sinusitis, dan mengurangi rasa sakit dari oesteoarthritis.

Buah Nanas Menurut Penelitian

Dokter-dokter di Jerman sepakat untuk menjadikan bromelain sebagai obat pasca cidera. hal ini karena sifat anti inflamasinya yang mengurangi pembengkakan, selain itu enzim ini juga berfungsi untuk membantu melunakkan makanan dan memecah protein di lambung, hal ini akan membuat tubuh lebih mudah untuk mencerna dan menyerap nutrisi pada makanan. 

Mengkonsumsi satu potong Buah Nanas setelah makan dapat mengurangi produksi gas, mencegah kembung, mual, sembelit, dan masalah pada usus besar.

Manfaat lainnya, enzim bromelain pada buah nanas juga dipercaya sangat baik untuk penderita batuk. Enzim ini dapat menekan rasa gatal pada tenggorokkan yang membuat batuk, mengurangi inflamasi pada hidung, dan memecah lendir. Ini akan membantu melonggarkan tenggorokan.

Kelezatan dan khasiat tinggi dari buah nanas menjadikannya kedalam kategori buah favorit, namun ada  beberapa individu yang dilarang untuk mengkonsumsi buah nanas karena beberapa kondisi seperti ibu hamil dan alergi Buah Nanas.

Related : Buah Nanas Sebagai Sistem Kekebalan Tubuh Alami

0 Komentar untuk "Buah Nanas Sebagai Sistem Kekebalan Tubuh Alami"