Artikel Tentang Info Khasiat Vitamin Buah Lokal

Khasiat Vitamin Buah. Diberdayakan oleh Blogger.

Buah Pisang, Menurut Kandungan Gizinya

Buah Pisang, Menurut Kandungan Gizinya - Buah pisang adalah salah satu buah yang paling murah harganya diantara sekian banyak buah yang beredar di pasar tradisional maupun modern. Cara pembudidayaan Buah Pisang ini juga tidak terlalu sulit seperti tanaman buah yang lainnya, tak heran begitu banyak nya pohon Buah Pisang yang bisa dapat ditemukan hampir disetiap pekarangan rumah pedesaan.  


Buah Pisang, Menurut Kandungan Gizinya
Buah Pisang
Sejak ribuan tahun silam sebelum masehi, manusia telah mengenal Buah Pisang secara turun-temurun dan ada yang mengatakan bahwa pisang berasal dari India.

Buah Pisang

Buah Pisang mempunyai kandungan gizi yang sangat baik, antara lain menyediakan energi cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain dikarenakan kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, kalsium dan kaya vitamin, seperti vitamin C, B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.

Sebagai neurotransmitter, serotonin membantu menyampaikan pesan-pesan dari satu tempat ke tempat lain dalam otak. Karena sel-selnya terdistribusi secara luas, serotonin dipercaya mempengaruhi berbagai fungsi psikologis dan fungsi tubuh lainnya. Dari sekitar 40 juta sel otak, sebagian besar dipengaruhi secara langsung atau tidak langsung oleh serotonin. Pengaruh serotonin ini berkaitan dengan mood, hasrat seksual, fungsi seksual, nafsu makan, tidur, ingatan dan pembelajaran, pengaturan temperatur,  dan sifat-sifat sosial.

Buah Pisang merupakan salah satu buah yang paling bergizi dan berkhasiat alami untuk kesehatan Kandungan kalium pada pisang menjaga tekanan darah anda tetap normal dan menurunkan resiko penyakit jantung. Kalium bekerja sama dengan natrium memelihara cairan dan keseimbangan elektrolit dalam sel tubuh. Oleh karena itu, Buah Pisang sangat membantu untuk memelihara kesehatan saraf dan fungsi otot.

Buah Pisang, Berdasarkan Kandungannya

Buah Pisang juga mengandung FOS (fruktooligosakarida) yang menstimulasi pertumbuhan bakteri baik dalam usus besar dan berguna pula dalam melancarkan proses pencernaan. Pada saat ini, FOS banyak digunakan dalam susu balita karena mendekati dengan kandungan ASI. 

Prof Dr Guido E Moro, Kepala Departemen Neonatal dari Macedonia Melloni Maternity Hospital, Italia, menjelaskan FOS/GOS memiliki fungsi penting bagi kesehatan bayi. Selain meningkatkan jumlah bakteri bifidus dan laktobacillus (bakteri yang terdapat pada ASI), FOS/GOS juga menekan pertumbuhan bakteri patogen, meningkatkan daya tahan saluran cerna, mencegah sembelit, dan membuat penyerapan makanan menjadi lebih baik.

Buah Pisang Sebagai MBD (Morning Banana Diet)

Di negara Jepang telah lama melakukan diet dengan cara mengkonsumsi Buah Pisang setiap harinya untuk sarapan dengan istilah MBD (Morning Banana Diet) yang dikembangkan oleh Sumiko Watanabe, seorang farmasi di Osaka yang telah berhasil menurunkan berat badan suaminya sebanyak 37 pounds (16,8 kg) pata tahun 2008.  

MDB telah mendapatkan popularitas dari mulut ke mulut, situs web, acara TV, artikel majalah, dan buku yang ditulis oleh Watanabes sehingga penyebaran MDB begitu cepat keseluruh negara-negara lain,  namun masih banyak terdapat perbedaan tentang efektifitas Buah Pisang sebagai menu diet dalam MDB ini.

Related : Buah Pisang, Menurut Kandungan Gizinya

0 Komentar untuk "Buah Pisang, Menurut Kandungan Gizinya"