Artikel Tentang Info Khasiat Vitamin Buah Lokal

Khasiat Vitamin Buah. Diberdayakan oleh Blogger.

Buah Alpukat: Khasiat Dan Kandungan Zat Gizinya

Buah Alpukat: Khasiat Dan Kandungan Zat Gizinya - Alpukat (KBBI: Avokad), Apokat, atau Persea americana  ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah, namun kini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah baik sebagai tanaman perkebunan monokultur (satu jenis tanaman) maupun sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropis lainnya di seluruh dunia.

Buah Alpukat: Khasiat Dan Kandungan Zat Gizinya
Buah Alpukat

Buah Alpukat

Daging buah alpukat berwarna hijau muda dekat dengan kulit dan semakin pudar menjadi kekuningan ketika mendekati bijinya, memiliki kulit lembut berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada varietasnya. Berbagai manfaat yang bisa diambil dari buah ini, diantaranya biji alpukat biasa digunakan oleh industri pakaian sebagai pewarna yang tidak mudah luntur, batang pohonnya bisa digunakan sebagai bahan bakar, kulit pohonnya digunakan sebagai pewarna warna coklat pada produk berbahan kulit, dan daging nya memiliki khasiat yang tinggi untuk kesehatan dan kecantikan.

Buah Alpukat Menurut Kandungan Zat Gizinya

Kandungan zat gizi dalam alpukat berkhasiat alami untuk kesehatan tubuh seperti mata, kekuatan otak, kesehatan jantung, kinerja otot, dan menghaluskan kulit dan memerangi radikal bebas Alpukat mempunyai tekstur daging buah yang lembut seperti mentega sehingga mudah untuk dicerna. 

Selain itu, daging buahnya pun sarat dengan asam lemak tak jenuh yang dua kali lebih banyak dari buah lainya, sehingga dapat meningkatkan kadar kolesterol “baik” dalam darah dan menurunkan sedikit lemak trigliserida dan kandungan beta-sitosterol, salah satu fitonutrien yang dapat menurunkan kolesterol “jahat”

Daging alpukat mengandung flavonoid poli-fenolik antioksidan seperti cryptoxanthin, lutein, zea-xanthin, beta dan alpha karoten dalam jumlah kecil. Bersama-sama, senyawa ini bertindak sebagai pelindung terhadap radikal bebas dan spesies oksigen reaktif (ROS) yang berperan dalam penuaan dan proses berbagai penyakit.

Buah Alpukat Sebagai Sumber Kalium

Alpukat merupakan salah satu sumber kalium terbaik yang berkhasiat alami untuk kesehatan, tekanan darah dan kinerja otot, terutama otot jantung. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh di mana kalium membantu mengatur denyut jantung dan tekanan darah, melawan efek buruk dari sodium. Alpukat segar merupakan sumber yang sangat kaya kalium. 100 g buah menyediakan 485 mg atau sekitar 10% dari yang dibutuhkan oleh tubuh per hari.

Alpukat juga Padat vitamin C dan E menjadikannya sangat baik untuk menjaga agar kulit tetap lembut, kencang dan sehat, serta membuat rambut tampak berkilau. Buah ini juga mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi yang dapat mencegah keriput , meningkatkan kekuatan otak, dan mengatasi sakit artritis.

Alpukat juga sarat dengan asam oleat, bahan baku pembuat asam lemak omega 9 yang juga sangat baik untuk kulit sekaligus memiliki properti anti inflamasi. Buah ini mengandung antioksidan lutein yang tinggi. Antioksidan ini dapat melindungi anda dari penyakit mata dan penyakit kardiovaskular.
Info Lengkap: Perimenopause Pada Wanita, Apa Itu?

Related : Buah Alpukat: Khasiat Dan Kandungan Zat Gizinya

0 Komentar untuk "Buah Alpukat: Khasiat Dan Kandungan Zat Gizinya"